Vote Komodo Nasional Park

Posted by Andi Wawang

Blog Animal Husbandry siap mendukung Kampanye Taman Nasional Komodo yang telah menjadi finalis 7 Keajaiban Dunia Baru untuk kategori alam versi www.new7wonders.com. 

Sebelumnya, Indonesia berhasil memasukkan Danau Toba dan Gunung Anak Krakatau dalam 77 nominasi tahap pertama. Namun, setelah diadakan penyaringan yang cukup ketat, hanya Taman Nasional Komodo yang masuk ke babak akhir pemilihan tersebut. Taman nasional yang kawasannya meliputi Pulau Komodo, Rinca, dan Padar itu, dipilih masuk babak akhir, karena menjadi habitat asli berdiamnya hewan purba Komodo. Binatang yang sering disebut-sebut juga sebagai "the real dragon" (naga yang asli) - untuk membedakan dengan hewan naga dalam kisah-kisah legenda - memang dipandang pantas untuk dijadikan salah satu kekayaan alam dunia terbesar. Apalagi, di Taman Nasional Komodo itu juga hidup berbagai hewan lainnya, termasuk keasrian kehidupan laut yang mengelilingi tiga pulau tersebut.

Namun, untuk menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam baru itu, tidaklah mudah. Taman Nasional Komodo mempunyai pesaing yang merupakan nama-nama "besar" di dunia pariwisata. Sebut saja antara lain, Grand Canyon di Amerika Serikat, Gunung Kilimanjaro di dekat Tanzania, Afrika, gugusan karang Great Barrier Reef di Australia, hutan Amazon dan Kepulauan Galapagos di benua Amerika, Laut Mati (Dead Sea) di Timur Tengah, Maladewa (Maldives) di Asia Selatan, dan banyak lagi.

Pemilihan tujuh keajaiban alam baru diadakan oleh New Open World Foundation bekerja sama dengan The United Nation Office for Partnerships. Seperti telah disebutkan di bagian awal, pemilihannya dilakukan secara online. Setelah meng-klik situs yang disebutkan tersebut, akan terpampang 28 finalis tahap akhir pemilihan tujuh keajaiban alam baru itu. Ada tiga baris nama yang disusun berurutan sesuai abjad, Komodo ada di baris tengah, nomor tujuh dari atas, di bawah Kilimanjaro dan di atas Maldives.  Letaknya seperti gambar dibawah ini:



Klik saja lingkaran yang berada di depan kata Komodo, kemudian klik "continue to step 2" di bagian bawah. Lalu ikuti petunjuk berikutnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah strategi dalam pemilihan, karena seorang akan diminta memasukkan tujuh pilihan sekaligus. Selain Komodo yang tentunya menjadi pilihan pertama kita, sebaiknya kita memilih "pilihan lain yang tak banyak diminati orang" atau dengan kata lain "pilihan lain yang tidak atau kurang populer".

Mengapa demikian? Kalau kita misalnya memilih Kilimanjaro, Great Barrier Reef, Grand Canyon, Dead Sea (Laut Mati), Galapagos, Amazon, Galapagos, dan Maldives, maka itu sudah dipilih banyak orang lain. Jadi itu menambah jumlah suara untuk mereka yang kemungkinan besar akan mengalahkan jumlah suara dari Komodo.

Di samping itu, kita juga harus memikirkan untuk tidak memilih dari negara yang banyak penduduknya atau yang tingkat penggunaan internet dan teleponnya tinggi. Karena selain melalui online internet, pemilihannya juga bisa dilakukan melalui telepon/SMS. Jadi misalnya kita memilih kawasan alam dari negara yang banyak penduduknya seperti China dan Amerika Serikat, kemungkinan kita hanya akan menambah jumlah suara bagi kawasan mereka saja. Lagi-lagi, kemungkinan jumlah suara dari kawasan itu akan lebih besar dari Komodo.
Itulah sebabnya, mungkin baik bila kita memilih saja kawasan-kawasan alam yang kurang dikenal dan terletak di negara yang penduduknya sedikit. Jadi selain sudah tentu kita harus memilih Komodo, maka 6 (enam) pilihan lainnya sebaiknya dipilih dari kawasan alam yang kurang populer.

Sekadar gambaran sampai berita ini ditulis, Komodo masih berada di posisi ke-12. Sedangkan di atasnya ada Amazon, Dead Sea, Grand Canyon, Halong Bay, Jeita Grotto, Maldives, dan Sundarbans di posisi tujuh besar. Berikutnya, di nomor 8 sampai 11 ada Angel Falls, Galapagos, Great Barrier Reef, dan Iguazu Falls. Baru di nomor 12 terdapat nama Komodo.

Untuk itu, anjuran saya, mari kita pilih Komodo beramai-ramai supaya bisa masuk tujuh keajaiban alam baru. Namun karena kita harus pilih 7 (tujuh) nama, maka selain Komodo, sebaiknya dipilih nama-nama yang berada di urutan "buncit" alias kurang populer, seperti Black Forest, Cliffs of Moher, Milford Sound, Table Mountain, Masurian Lake District, Yushan dan Mud Volcanoes.

Ayo bergegas, segera pilih Komodo dengan voting online di http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/voting.

Atau melalui telepon di  +44 87 218 400 07 atau +44 20 334 709 01. Dengarkan pesannya, setelah terdengar nada akhir, masukkan 4 digit kode, yaitu 7717 untuk Komodo. Kalau digit kode sudah dimasukkan akan terdengar ucapan terima kasih, yang menandakan bahwa pilihan Anda sudah teregistrasi.

NB :



 Untuk mendapatkan sertifikat seperti gambar diatas anda harus mengeluarkan dana sebanyak 2 Euro!.  Dengan sertifikat tersebut Anda bisa menunjukkan pada dunia bahwa Anda adalah salahsatu pemberi suara.

Source : http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=18298
Untuk Info mengenai => Komodo Nasinal Park.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin