Teknologi Penggemukan Sapi Bali

Posted by Andi Wawang

Ada tiga kunci yang akan menjadi fokus pembahasan dalam tulisan Teknologi Penggemukan sapi bali yaitu Perkandangan, Pemberian pakan, dan pengendalian hama dan penyakit. Keberhasilan dari penggemukan sapi bali, sangat ditentukan oleh ke tiga faktor tersebut.
Perkandangan
  • Ukuran kandang per ekor 3 x 1,15 m dengan lantai tanah/papan
  • Tempat pakan dengan ukuran lebar 50 cm, dalam 30 cm, panjang 60 cm, terletak 0,5 m dari permukaan tanah.

Pemberian Pakan
  • Komposisi pakan hijauan yang diberikan terdiri dari limbah daun jagung 70%, rumput gajah 30%.  Hijauan yang diberikan sebanyak 10% dari bobot badan, bervariasi antara 8,68 – 22,54 kg, pemberian dilakukan dua kali, yaitu pagi dan sore hari.
  • Pakan tambahan yang diberikan adalah dedak sebanyak 1,5 kg per ekor per hari dengan pemberian pada pagi hari sebelum pemberian pakan hijauan.  Pemberian mineral garam dan air minum tersedia penuh sepanjang hari (adlibitum).
  • Penambahan dedak 1% dari bobot badan (1,5 kg/ekor/hari) mampu menaikkan bobot badan dari 122,79 kg menjadi 156,37 kg atau terdapat kenaikan bobot badan 33,57 kg, sehingga didapatkan rata-rata pertambahan bobot badan harian 0,52 kg/ekor/hari.

Pengendalian Hama dan Penyakit

  • Pencegahan penyakit dilakukan dengan pemberian vitamin B-Plex, pemberian antibiotik Piroxy yang dilakukan secara kontinyu setiap 2 minggu sekali 10-20 cc per ekor.
  • Obat cacing diberikan setiap 2 bulan sekali 1 tablet Rintal Bolliu. 
Selamat Mencoba....
Sumber : www.pustaka-deptan.go.id

{ 1 comments... read them below or add one }

LUMBUNG SEMBAKO said...

Kalau yang itu sdh bnyk referensi ndi... tinggal pemasarannya nih yang bikin kewalahan.
Vanrita tani (camming libureng)

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin