Sejarah dan Hak Paten Dangke, untuk Peternak Enrekang

Posted by Andi Wawang



Dangke menurut kisahnya sudah ada sejak zaman Belanda memerinah di Indonesia.  Seorang peernak membuat dangke dari susu kerbaunya.  Konon, suau hari seorang Peor Belanda bertemu peternak pembuat dangke, yang waktu itu belum menyebut keju sebagai dangke.  Terjadi komunikasi kemanusiaan anara peternak dengan sang Petor.  Sang peernak menghadiahkan keju kepada sang Petor, ang lalu menyebutkan kaa kurang lebih: dangk well yang artinya terima kasih.  Namun telinga peternak kata iu kedengaran seperti dangke.  Maka sang peternak memahami bahwa keju yang dibuatnya itu bernama dangke.  Nama iupun terbawa- bawa sampai masa kini.

Nama dangke unuk keju buatan peternak Enrekang ini juga sudah dipatenkan pada Direktorat Paten dan Hak Cipta Depkumham RI.  Seelah dangke dipatenkan, maka hak cipa keju dengan nama dangke kini hanya boleh dipakai oleh kaum peternak di Bumi Masserempulu (Enrekang).  Jika ternyata suatu saat ada peternak di luar Enrekang yang membuat keju dari susu ternak dengan tatacara seperti membuat dangke, apalagi jika hasil produksinya memakai nama dangke pula, maka petenak atau produsen dangke di luar wajib memberikan royalty kepada pemilik hak cipta yakni peternak di Enrekang.




Namun, soal hak paten dan pemberian royalty ini rupanya belum ada rumusan tentang berapa produk dan berapa pula royaltinya.  Bahkan mekanisme pembayaran royalty itu pun juga belum dirumuskan dan belum tersosialisasi ke produsen keju di luar Enrekang.  Sejauh ini pun belum ada terdengar adanya produk dangke di luar Enrekang dan Tana Toraja.  Bagaimana dengan Toraja yang peternaknya sudah lama juga bias membuat keju.



Sumber : Harian Fajar ( Penulis: Shaifuddin Kadir).
Sumber Image :http://adibfauzan.files.wordpress.com, http://distan.bkc.co.id/foto/image/Enrekang.gif, dan http://www.jardiknas.info/images/erk.jpg.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin