Tentang Pertanian Organik

Posted by Andi Wawang

Pertanian organik adalah bentuk pertanian yang mengandalkan teknik seperti rotasi tanaman, pupuk hijau, kompos dan pengendalian hama secara biologis untuk memelihara produktivitas tanah hama dan pengendalian di sebuah peternakan. Pertanian organik tidak termasuk atau sangat membatasi penggunaan pupuk diproduksi dan pestisida, pengatur pertumbuhan tanaman seperti hormon, antibiotik ternak, makanan tambahan, dan organisme hasil rekayasa genetika. [1]

Metode pertanian organik internasional diatur dan hukum ditegakkan oleh banyak bangsa, yang berbasis di sebagian besar pada standar yang ditetapkan oleh International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM), sebuah organisasi payung internasional untuk organisasi pertanian organik didirikan pada tahun 1972. IFOAM mendefinisikan tujuan menyeluruh dari pertanian organik sebagai:

"Pertanian organik adalah sistem produksi yang menopang kesehatan tanah, ekosistem dan orang-orang ini mengandalkan. Pada proses ekologi, keanekaragaman hayati dan siklus disesuaikan dengan kondisi lokal, daripada penggunaan input dengan efek samping. Pertanian organik menggabungkan tradisi, inovasi dan sains untuk keuntungan bersama lingkungan dan mempromosikan hubungan yang adil dan kualitas hidup yang baik untuk semua yang terlibat .. "
    -Federasi Internasional Gerakan Pertanian Organik [2]

Sejak 1990, pasar untuk produk organik telah berkembang dari nol, mencapai $ 51 milyar pada tahun 2008. Tuntutan ini telah mendorong peningkatan yang serupa di lahan pertanian yang dikelola secara organik. Sekitar 35.200.000 hektar (87.000.000 hektar) di seluruh dunia sekarang diternakkan organik, mewakili sekitar 0,8 persen dari total lahan pertanian dunia (2008). [3] [tidak dalam kutipan diberi] Selain itu, pada 2008 produk liar organik yang dipanen pada sekitar 31 juta hektar . [4] [tidak dalam kutipan yang diberikan]

Sumber : wikipedia,org
  1. Directorate General for Agriculture and Rural Development of the European Commission What is organic farming.
  2. "Definition of Organic Agriculture". IFOAM. http://www.ifoam.org/growing_organic/definitions/doa/index.html. Retrieved 2008-09-30. 
  3. Organic--Wordl.Net
  4. Organic--Wordl.Net
  5. http://www.westonaprice.org/farming/history-organic-farming.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin