Pembobolan ATM dengan Cara Skimming

Posted by Andi Wawang


Baru-baru ini marak diberitakan di media cetak dan elektronik tentang tindakan pembobolan ATM dengan cara skimming.
Skimming adalah versi yang lebih maju dari pencurian identitas. Penipu ilegal menyalin informasi dari strip magnetik di belakang plastik anda tanpa campur dengan transaksi pembayaran yang sah. Begitu mereka telah menelusuri kartu Anda, mereka dapat men-download informasi ke komputer dan klon plastik anda. Umumnya, lebih mudah daripada untuk merampok seseorang atau menyaring melalui tong sampah.

Sebuah Skimmer merupakan contoh yang cukup sederhana dan transparan seperti kartu-perangkat yang dimasukkan ke dalam slot kartu dari mesin ATM, yang kemudian membaca data pada strip magnetik di bagian belakang kartu ATM sebelum download ke komputer.

Sebuah pin-lubang kamera yang dipasang di ATM, biasanya di atas keypad ATM. Kamera kemudian mengirimkan foto dari pengguna menekan nomor PIN mereka ke dalam mesin ATM ke komputer di dekatnya.

Penipu dapat menggunakan data ini untuk mencetak kartu baru dan kemudian kembali ke rekening nasabah bank. Bank telah memulai kampanye menyarankan pelanggan untuk segera melaporkan keberadaan benda yang mencurigakan di mesin penjual uang tunai.


Sedikit Saran untuk menghindari menjadi korban skimming:

Jangan gunakan ATM jika Anda pikir itu telah dirusak dengan cara apapun.
Gunakan tubuh Anda atau pelindung yg lainnya untuk melindungi jari Anda pada saat memasukkan PIN, dan jangan biarkan siapapun mengalihkan perhatian Anda.
Perlakukan Kartu ATM Anda seperti layaknya uang tunai, menjaga mereka aman dari orang dan tidak membiarkan mereka keluar dari pandangan Anda saat melakukan transaksi.

Jika Anda menduga bahwa Anda telah menjadi mangsa SKIMMERS:

Batalkan kartu Anda segera. Bank Anda atau perusahaan kartu kredit akan beroperasi 24 jam Helpline untuk tujuan ini.
Laporan kecurigaan Anda kepada polisi.
Anda tidak akan bertanggung jawab atas transaksi yang dilakukan oleh kartu clone, kecuali bank Anda atau perusahaan kartu kredit dapat membuktikan bahwa anda bertindak curang atau tidak bertanggung jawab (dengan, misalnya, menulis PIN di secarik kertas dan menyimpannya dengan kartu Anda).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin