Perhatian Buat Pengguna Facebook

Posted by Andiwawan

Tulisan saya kali ini akan membahas tentang hasil share dengan teman (Singgih Tofika Setiawan) saya di Facebook mengenai Statement of Rights and Responsibilities (Pernyataan Hak dan Tanggung Jawab) Beliau mengatakan jika kita menggunakan atau mengakses Facebook dengan begitu kita setuju dengan semua pernyataan yang terdapat pada Statement of Rights and Responsibilities. Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan dalam Statement of Rights and Responsibilities supaya anda bisa lebih waspada dalam menggunakan situs sosial tersebut.

Facebook adalah situs web jaringan sosial, dimana saat ini telah mendunia dan mewabah. Beberapa produk handphone laku keras itu dikarenakan oleh facebook. Begitu terkenalnya dimana-mana Situs jejaring ini dibicarakan.

Beberapa hal yang saya maksudkan dalam Statement of Rights and Responsibilities yang mesti di waspadai, sebagai berikut :

1. Berbagi Konten dan Informasi Anda

Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda posting di Facebook, dan anda dapat mengontrol bagaimana dibagi melalui aplikasi privasi dan pengaturan. Sebagai tambahan:

1. Untuk konten yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual, seperti foto dan video ( "IP konten"), Anda secara khusus memberikan izin berikut, tunduk pada privasi Anda dan pengaturan aplikasi: Anda memberikan izin kepada kami non-eksklusif, dapat dipindahtangankan, sub-licensable, bebas royalti, mendunia lisensi untuk menggunakan IP manapun konten yang Anda posting di atau berhubungan dengan Facebook ( "IP Lisensi"). Lisensi IP ini berakhir jika anda menghapus isi IP Anda atau account Anda kecuali konten Anda telah berbagi dengan orang lain, dan mereka belum menghapusnya.

Perhatikan pernyataan diatas = Anda jangan beranggapan bahwa semua postingan di facebook account Anda adalah milik Anda! Ini adalah salah besar!! Memang kalian bisa mengkontrol siapa yang bisa akses terhadap postingan kalian. Kalian bisa mengatur siapa yang bisa baca blog saya, siapa yang bisa lihat photo saya dan sebagainya. Tetapi apapun yang sudah Anda upload ke Facebook sudah menjadi hak milik (property) dari tim facebook.
Facebook berhak melakukan apa saja terhadap isi yang sudah kita upload. Jika kita upload photo anak-anak kita, maka suatu ketika ada iklan produk bayi yang photonya anak kita ya jangan kaget. Kalau ada yang upload photo bugil dan kinky dan meski hanya diset yang bisa akses diri sendiri, jangan kaget kalauphoto itu suatu saat muncul dalam bentuk iklan kondom. Kok bisa? Ya bisa!Karena Tim facebook punya hak menjual semua isi yang berada di semua account facebook.Makanya, jangan posting sesuatu yang isinya benar-benar private. Jangan post photo keluarga, photo anak-anak, dsb yang punya nilai kenangan. Jangan post sesuatu yang punya nilai hak cipta milik anda. Misalnya ada yang mengarang buku lalu post di Facebook. Facebook berhak menjual buku anda! Karena dengan post di Facebook anda menyatakan itu milik Facebook!

2. Ketika Anda menghapus IP konten, itu akan dihapus dengan cara yang mirip dengan mengosongkan tampungan daur ulang pada komputer. Namun, Anda memahami bahwa konten dihapus dapat bertahan dalam salinan cadangan untuk jangka waktu yang wajar (tetapi tidak akan tersedia bagi orang lain).

Perhatikan pernyataan diatas = Kalau anda post sesuatu di facebook lalu menghapusnya, jangan berpikir bahwa anda sudah benar-benar menghapusnya. Apa pun yang sudah di post di facebook itu sudah menjadi milik facebook dan mereka simpan. Kalau anda menghapus, itu hanya menghapus access di acount anda saja. Physically (fisik), postingan anda still there (masih ada)!


Itulah beberapa hal yang mesti kita perhatikan dalam beraktivitas di Facebook. Jangan sampai milik berharga kita disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab nantinya. Semoga bermanfaat


Tentang Paypal

Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Paypal adalah salah satu alat pembayaran (payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirimkan uang ke pengguna paypal yang lain di seluruh dunia, dan masih banyak fungsi lainnya yang dengan mudah dan otomatis melakukan transaksi via internet.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin