Tips mengamankan akun FB dari Keylogger

Posted by Andiwawan

Mengenal Keylogger. Dikatakan dalam situs anti-keyloggers.com, keyloggers merupakan sarana mencuri informasi. Pencurian informasi ini sudah sejak masa-masa awal dari World Wide Web. Sayangnya, berbagai jenis kejahatan dunia maya yang bertujuan untuk mencuri sesuatu yang berharga (dalam arti langsung) informasi yang berkembang di dunia maya. Skala kejahatan ini bervariasi mulai dari pemanenan alamat email untuk spammer untuk pencurian identitas dan spionase.

Keylogger adalah sebuah software atau program yang berjalan secara sembunyi-sembunyi (tidak terlihat dengan mata) pada komputer tertentu guna merekam setiap kegiatan yang menggunakan keyboard sebagai media input data. Jadi setiap huruf (caracter) atau angka yang ditekan pada keyboard secara otomatis direkam oleh keylogger atau bahkan tidak hanya merekam melainkan meneruskan hasil rekaman tersebut ke orang lain melalui jaringan internet. Keylogger akan merekam setiap kejadian seperti pemasukan nama, password, pin dan lain-lain yang berhubungan dengan transaksi ang anda lakukan.

Keylogger telah bekerja. Akhir-akhir ini saya sering sekali mendengar keluhan dari teman-teman saya mengenai pembobolan facebook mereka. Ada beberapa alas an sehingga akun facebook dibobol, mungkin ini salah satunya: (mengambil alih barang berharga di facebook mereka). Barang berharga yang saya maksudkan disini mungkin chip pada Zinga Texax Holden Poker bagi teman2 yang suka bermain Poker. Selain itu mungkin tujuannya hanya untuk mengerjai si Pemilik Facebook… Ini dilakukan karna mungkin si pelaku kesal dengan pemilik akun facebook yang dikerjai. Makanya jadi orang jangan suka jailin orang…Kena sendiri khan akibatnya.

Sedikit Tips mengatasi kinerja Keylogger. Untuk mengatasi masalah keylogger sebaiknya ikuti sedikit tips sederhana berikut ini yang saya dapatkan dari blog tetangga, (gogobilo.blogspot.com):

• Gunakan software pendeteksi keylogger (Nih….Salah satunya…klik aja), namun perlu diingat bahwa di dunia internet tidak ada yang aman 100% jadi jangan berharap terlalu banyak dengan software pendeteksi keylogger ataupun software antivirus tertentu.
• Gantilah password anda secara periodik untuk menghindari penjiblakan password serta user name untuk transaksi penting anda di internet.
• Gunakan komputer yang tidak digunakan oleh banyak orang seperti warnet, lab komputer, tempat kerja karena memungkinkan untuk ditempatkannya keylogger untuk merekam data-data kita.
• Gantilah password anda setelah menggunakan password tersebut pada komputer yang sering digunakan banyak orang, namun jangan mengganti password anda pada komputer yang sama.
• Mengakali penulisan password pada aplikasi lain kemudian gunakan copy paste sehingga tidak terdeteksi oleh keylogger karena keylogger hanya merekam semua aksi pada keyboard akan tetapi tidak dengan pergerakan mouse. Namun bisa juga terjadi apabila keylogger menggunakan screen shot untuk mengambil gambar pada saat kita mengetikan data kita. Salah satu caranya mengakali penulisan id atau password adalah anda bisa mengetikkan terlebih dahulu pada notepad id dan password anda. Pada saat anda ingin login ke Facebook ato email anda tinggal copy paste aja.
• Jika tidak sempat melakukan hal tersebut diatas anda bisa menggunakan On-Screen keyboard. Tempatnya…Klik Star….trus….Klik all Programs…Trus….Klik accessories…trus masuk lagi….ke accessibility….trus cari on-screen keyboard. Belum tau lagi liat gambar dibawah ini.



Gambar cara mendapatkan on-screen keyboard. Setelah klik akan muncul gambar seperti dibawah ini;



Ok Sobat...sekian dulu ya. Jika ada yang ingin menambahkan atau menyempurnakan tulisan diatas dipersilahkan dengan hormat. Semoga bermanfaat.


Tentang Paypal

Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Paypal adalah salah satu alat pembayaran (payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirimkan uang ke pengguna paypal yang lain di seluruh dunia, dan masih banyak fungsi lainnya yang dengan mudah dan otomatis melakukan transaksi via internet.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin