Candy For Cows (Permen untuk Sapi)

Posted by Andi Wawang

Candy for cows (permen untuk sapi) bagi para peternak, ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Istilah ini sering dilekatkan pada produk yang biasa di sebut Urea Molases Block (UMB). Saya mencoba membahsas tentang UMB karna manfaat yang diberikan sangat baik untuk ternak sapi. Dengan mengomsumsi Sumplement UMB nafsu makan sapi akan meningkat, begitupun kinerja pencernaannya. Dengan begitu, berat badan sapi akan meningkat.

Awal mula UMB diperkenalkan pada tahun 1990-an oleh Departemen Pertanian kepad peternak. UMB bukanlah produk suplement jadi yang dibuat oleh pabrik melainkan produk suplement yang dibuat sendiri oleh peternak. Cara membuatnyapun cukup mudah dilakukan dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk didapatkan.
Dibawah ini akan dijelaskan tentang tatacara pembuatan dari Urea Molases Block (UMB), sebagai berikut:

Bahan-Bahan yang diperlukan

~ Molases atau tetes tebu 3kg
~ Dedak atau bekatul 2,1 kg
~ Onggok atau amps ketela yang sudah diambil patinya 0,6 kg
~ Tepung tulang 0,6 kg
~ Kapur sirih 0,8 kg
~ Urea 0,5 kg
~ Lakta mineral 0,1 kg
~ Garam dapur 0,7 kg
~ Bungkil kelapa 1,5 kg
~ Semen putih 0,1 kg
~ Air secukupnya.

Alat yang diperlukan

~ Tempat campuran (adonan)
~ Masker
~ Sekop/cangkul
~ Kompor
~ Wajan
~ Kaos tangan (dari karet)
~ Cetakan dari papan untuk mencetak UMB seberat + 1 kg menggunakan
ukuran papan 12 x 9 8 cm

Cara Pembuatan

Cara pembuatannya, bahan-bahan tersebut diaduk hingga tercampur merata. Kemudian dipanaskan dengan digoreng sangrai menggunakan wajan dan terus diaduk selama 20 menit. Setelah didinginkan, adonan tersebut lalu dicetak menjadi bentuk balok atau bulat. (Sumber : Sumber: Kedaulatan Rakyat, Jumat, 11 Mei 2007, hal 15 kol 1-4).

Cara Pemberian

~ Untuk menghindari terbuangnya UMB sewaktu dikonsumsi ternak dianjurkan untuk membuat tempat atau kotak khusus terbuat dari papan, jangan dari logam untuk menghindari karatan yang terpisah dari tempat makanan atau digantung, dibungkus kain dan diusahakan agar dapat dijilati/dijangkau oleh ternak.
~ Pemberian UMB diperkirakan 50 g/ekor/hari (UMB 3 kg habis dijilati ternak selama 2 bulan).
~ Selama pemberian UMB perlu diimbangi dengan pemberian hijauan/rumput alam/rumput unggul dan konsentrat berupa dedak padi. Untuk betina bunting tua diberikan dedak 1 kg/ekor/hari, satu bulan menjelang melahirkan dan dua bulan setelah melahirkan, sedang untuk pejantan yang digemukkan diberikan dedak 2 kg/ ekor/hari selama 3-4 bulan.

Komplitkan kawan-kawan, jadi buat kawan-kawan yang ingin memelihara sapi jangan lupa sapinya dibuatkan permen supaya nafsu makannya bisa bertambah dan alat pencernaannya baik.

{ 5 comments... read them below or add one }

Newbie said...

Waduwww kok ada permen buat sapi!

admin said...

thakns mas dah berkunjung di blog saya. yang pastinya ada mas..

mamas86 said...

Wkwkwkwk... ada-ada aja nih... terus ada yg rasa strowberry ga...

admin said...

Kira2 sapi suka ga ya rasa strowbery??????
Heheehehehe..... Ga ada bro yg rasa strowbery.

Nugraha Teguh said...

Mksh infonya, tp kalo tidak di panaskan langsung di cetak saja boleh g mas?

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin