Kendala Pembangunan Peternakan

Posted by Andi Wawang

Pengembangan usaha peternakan merupakan bagian penting dari pembangunan pertanian yang disamping bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat luas juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak. Untuk mencapai sasaran tersebut, pemerintah berupaya melaksanakan serangkaian kebijakan dan program, namun demikian kendala yang dihadapi cukup besar sehingga beberapa target belum tercapai seperti yang diharapkan

Hal ini terlihat perkembangan populasi dan produktivitas ternak yang ditunjang oleh pemberian pakan yang belum memadai serta kurang disiplinnya para peternak di dalam memanajemei peternakan yang dikelolanya sehingga belum tercapainya kesejahteraan peternak sebagai subyek pembangunan. Kondisi ini terjadi sebagai akibat belum tercapainya keserasian antara penyediaan sarana produksi dengan tingkat pengetahuan/keterampilan masyarakat dalam manajemen usaha peternakan.
Minimnya akses informasi yang dimiliki oleh petani peternak adalah merupakan suatu kendala utama dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menerapkan teknologi dan sistim peternakan yang lebih baik. Dengan mengupayakan pembinaan yang dilakukan secara terencana yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat peternak pedesaan.

{ 2 comments... read them below or add one }

ilmu antropologi said...

coba baca disini http://paperlesswriter.wordpress.com/2009/01/07/pusat-informasi-majapahit/

andi said...

@ilmu antropologi. Ok bro...meluncur ke lokasi

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin