Ternak Unggulan Kab. Sinjai

Posted by Andi Wawang

Sapi Perah
Salah satu jenis ternak yang baru dikenal oleh masyarakat Ka-bupaten Sinjai adalah Jenis Sapi Perah. Sapi yang menghasilkan susu. Di mana daerah pengembangan sapi ini berada di kawasan Sinjai Barat. Sinjai Barat merupakan wilayah yang mempunyai iklim yang sejuk dan memungkinkan untuk jenis ternak tersebut dikembangkan.
Dalam pengembangan sapi ini dimulai tahun 2002 dan kini telah menjadi salah satu andalan kabupaten sinjai. Susu yang dihasilkan oleh sapi ini telah dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Sinjai. Dan dalam pengembangannya akan dibangun pabrik pengolahan susu di kabupaten sinjai guna mendukung Gerbang Mas Peternakan Sulawesi Selatan.


Sapi  Potong
Pengemukan sapi yang merupakan metode yang dilakukan oleh para petani dengan bimbingan dari dinas peternakan.

Kambing Borwana

Jenis kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing boer (Boergoet) yang berasal dari australia dengan kambing perakanan Etawa(PE), kambing Burawa ini di harapkan dapat menggantikan jenis kambing local yang selama ini di kembangkan masyarakat.
Keunggulan pada kambing burawa adalah memiliki bobot badan lebih berat di bandingkan dengan kambing local. Sehingga Pemerintah Kabupaten Sinjai telah menggalakkan pengembangannya terutama untuk mendukung Gerbang EMAS bidang peternakan.
Jenis kambing burawa adalah jenis kambing unggulan dan merupakan kambing masa depan Sulawesi Selatan serta Kabupaten sinjai sebagai pusat pengembangannya Bruding Centre kambing Bur/Burawa di desa Bulu Tellu dan Kecamatan Bulupoddo Kab. Sinjai.

Sumber : http://www.sinjai.go.id  (Written by takdi)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin