CIRI-CIRI DENDENG SAPI YANG ASLI

Posted by Andi Wawang

Sumber Foto : Detik Food
Dendeng sapi bercampur babi marak dibicarakan orang saat ini. Banyaknya konsumen yang merasa dirugikan oleh tingkah produsen yang tidak bertanggung jawab. Mencampur produk dendeng sapi dengan daging babi ini adalah tindakan yang sangat merugikan konsumen umat Islam, karna dalam Al-Qur’an jelas dikatakan bahwa Hewan ini (babi) haram hukumnya untuk di konsumsi.
Untuk mewaspadai hal diatas, kita bisa memilih dendeng sapi yang baik dengan cirri-ciri sebagai berikut:

1. Harga: harga dendeng daging sapi relatif mahal, per 100 gram bisa mencapai Rp. 20.000 atau Rp. 50.000, 00 per 250 gram. Jika mendapati dendeng dengan harga lebih murah patutlah curiga akan kualitas dan campuran dagingnya.
2. Kemasan: Teliti kondisi kemasan, apakah terdapat nomor registrasi BPOM, tanggal kadaluwarsa, komposisi bahan dan nama dan alamat produsen yang jelas. Kemasan juga rapid an bersih.
3. Label Halal: Bukan jaminan produk dendeng berlabel halal tidak dicampur daging babi karena di daerah Jawa Barat ditemui pemalsuan label Halal ini oleh produsen dendeng.
4. Tekstur: Daging babi hutan memiliki tekstur sedikit lebih halus dari daging sapi bahkan nyaris sama. Karena itu agak sulit melihat tekstur dendeng yang biasanya sudah ditutupi oleh bumbu.
5. Warna: Warna dendeng babi hutan sedikit lebih terang dari daging sapi. Namun, warna ini juga sulit dilacak karena adanya penambahan bumbu seperti gula putih dan gula merah yang dalam proses pengeringan memberi warna lebih gelap pada dendeng.
6. Bumbu: Remahan butiran ketumbar biasanya mudah dilihat di permukaan dendeng. Waspadalah jika remahan butiran ketumbar terlihat lebih banyak dan aromanya lebih tajam. Karena penambahan bumbu biasanya dilakukan agak berlebihan pada dendeng babi hutan untuk mengurangi aroma tajam daging babi hutan.
7. Saat digoreng dendeng dengan campuran daging babi hutan aromanya lebih menyengat tajam karena dagingnya lebih berminyak dibandingkan daging sapi. (Sumber: Detik Food).

Konsumen sebaiknya lebih cermat, teliti dan berhati-hati mengingat banyak sekali produk dendeng sapi yang beredar di pasaran tanpa registrasi dan kejelasan produsennya. Dendeng sapi yang beredar kebanyakan merupakan hasil olahan industri rumahan atau home industry sehingga menyulitkan pengawasan. (Sumber: Detik Food).

{ 4 comments... read them below or add one }

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Okey bro,... lengkap. Tengkyu.

suwung said...

makasi brooo infonya

uBuh said...

jadi harus lebih selektif nih kalau mau beli makanan..

Tante Ayu said...

Salam kenal semua...


Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

Info Kontak :
HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
http://www.usaha-nyata.com

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin