Kandang Sapi Penggemukan di Mangara Bombang Takalar Mulai Produksi

Posted by Andi Wawang

Laporan: Thamzil Thahir

Perusahaan kandang penggemukan dan penyembelihan sapi di Desa Bontomanai Kecamatan Mangara Bombang, Takalar, yang diklaim pertama di Sulawesi-Selatan, mulai berproduksi dan memasarkan daging sapi Bali dan lokal.
Hal ini dikemukakan penmggagas usaha ini Muhammad Nur Taqwim yang mengelola PT Tata Hidup Cemerlang (THC), di Jl. Habibu Kulle, Sungguminasa, Gowa.

"Selama ini, sulit menemukan daging yang renyah. Makanya kami taktisi dengan memanfaatkan alat pemotongan yang lebih baik," katanya dalam pesan singkat yang dikirim melalui situs jejaring sosial facebook Tribun-Timur, Kamis (14/10/2010).
Proses mulai pengemukan hingga pemotongan sapi menggunakan teknoligi terbaru. Untuk memotong sapi digunakan kandang berlapis baja, yang digerakkan dengan mesin.

Dikatakan warga Perumahan Dosen Unhas ini, dengan teknologi pemotongan yang konvensional daging tak renyah sebab masih banyak darahnya yang tinggal di daging.

"Dengan mesin ini darah sapi keluar semua sekaligus meminimalisir tingkat stres sapi saat disembelih," katanya dalam pesannya.

Dia mengklaim, kualitas daging dari dari sisi nutrisi dan kualitas keempukan daging adalah kualitas nomor satu di dunia. Sumber makanan yuang dimakan sapi Indonesia, khususnya di Sulawesi masih alami.

Namun karena cara kadar serat daya ikat air dan keempukannya kadang tak dinikmati karena cara penyembelihan dan pengolahan pasca penyembelihan.(*)

Sumber : http://www.tribun-timur.com/read/artikel/132573/Kandang-Sapi-Penggemukan-di-Mangara-Bombang-Takalar

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Saran,kritik, serta masukan anda untuk tulisan diatas sangat diperlukan. Agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung.

Terimakasih

Admin